Selamat Datang di Blog Bidang Pendidikan Agama Islam Kantor Wilayah Kementerian Agama Jawa Timur
5 Nilai Budaya Kerja Kementerian Agama: Integritas, Profesionalitas, Inovasi, Tanggung Jawab, dan Keteladanan

Selasa, 14 Oktober 2014

Kanwil Kemenag Gelar Pelatihan Seni Mengajar bagi Guru PAI SMP/SMPLB Se Jawa Timur

Kanwil Kemenag Gelar Pelatihan Seni Mengajar bagi Guru PAI SMP/SMPLB Se Jawa Timur

Sebanyak 140 peserta mengikuti pelatihan orientasi Keterampilan Dasar Guru dalam Belajar dan Membelajarkan mata pelajaran PAI dan Budi Pekerti. Pelatiha
n yang di gelar 14 Oktober 2014 ini digelar  di Hotel Santika Jemursari Surabaya diikuti oleh guru PAI SMP/SMPLB, pengurus MGMP PAI SMP/SMPLB dari perwakilan 38 Kota dan Kabupaten di Jawa Timur.

Dalam sambutan H. Mas’ud, S.Ag. M.Pd.I selaku Kepala Bidang Pendidikan Agama Islam Kementerian Agama Kanwil Provinsi Jawa Timur yang  mewakili Kakanwil Kemenag  Prov. Jatim menyampaikan bahwa pelatihan ini sebagai upaya peningkatan peran guru PAI SMP/SMPLB untuk mempraktekkan bagaimana mengajar adalah sebuah seni (The Art of Teaching). Di kesempatan ini  juga disampaikan beberapa kebijakan tentang pengelolaan PAI di lingkungan pembinaan Kanwil Kemenag Prov. Jatim.

“Alhamdulillah kami dipertemukan lagi dengan lembaga KPI, yang sebenarnya 10 tahun lalu saya sudah mengenal dan berinteraksi dengan lembaga ini, jadi sangat tepat kami mengundang KPI  sebagai lembaga yang kompeten dan profesional dalam bidang pendidikan ini, silahkan peserta memanfaatkan materi yang dibawakan trainer KPI ini, dan saya percaya materi yang disampaikan dapat membantu para guru dengan teknik membelajarkan yang menyenangkan dan harus dimiliki oleh guru profesional, sehingga guru dapat menjadi daya tarik bagi murid-muridnya” tutur pejabat asal madiun ini


Dalam pelatihan ini Kanwil Kemenag menghadirkan narasumber dari Kualita Pendidikan Indonesia (KP).  KPI sendiri adalah lembaga konsultan pendidikan yang berkedudukan di Surabaya dan telah melatih ribuan guru di seluruh pelosok nusantara, tercatat hampri 150 ribu guru telah dilatih oleh KPI sampai dengan periode September 2014 ini.

Pelatihan yang berlangsung mulai pukul 07.30 sd 16.45 ini para peserta diberikan wawasan, filosofi dan praktik aplikasi terkait The Art of Teaching atau seni mengajar. “Mengajar adalah sebuah seni dengan guru menjadi senimannya, berangkat dari hal tersebut maka seni mengajar  menjadi sangat penting karena didalam sebuah pelajaran yang menjadi titik tekan bukanlah materinya tetapi siapa yang menyampaikan materi tersebut” urai Bapak Abdul Wafi.



“Kami ingin para guru PAI & Budi Pekerti juga tetap update dan me  ngikuti konsep dan aplikasi mutakhir dalam ilmu pendidikan dengan materi pelatihan ini  yang salah satunya ilmu  Neuroscience untuk memahami dan memanfaat cara kerja otak dan aplikasinya  dalam pembelajaran” imbuh Kasi PAI pada SMP/SMPLB Bidang PAIS  Kanwil Kemenag Prempov. Jatim sekaligus sebagai penyelenggara dan penanggungj jawab kegiatan ini.

Abdul Adji guru SMP Negeri 2 Jabon – Sidoarjo salah satu peserta pelatihan menyampaikan bahwa baru pertama kali baginya mengikuti pelatihan ini sebagai guru kita sangat memerlukan keterampilan belajar dan trik lainnya untuk menyentuh dan menarik perhatian siswa dalam kelas.




Sementara Sa’diyatul Munawar guru PAI SMPN 1, Tulung Agung saat diminta komentarnya menuturkan “Ibarat handphone kami para guru perlu juga di charge untuk menambah energi dan kemampuannya, melalui pelatihan ini guru bisa tetap update dengan perkembangan terbaru di dunia pendidikan, sekaligus sebagai bekal membangun motivasi bagi anak untuk belajar dan mengutamakan prosesnya”.  (fie)




1 komentar:

  1. Assalamu Alaikum wr-wb, perkenalkan nama saya ibu Rosnida zainab asal Kalimantan Timur, saya ingin mempublikasikan KISAH KESUKSESAN saya menjadi seorang PNS. saya ingin berbagi kesuksesan keseluruh pegawai honorer di instansi pemerintahan manapun, saya mengabdikan diri sebagai guru disebuah desa terpencil di daerah surakarta, dan disini daerah tempat mengajar hanya dialiri listrik tenaga surya, saya melakukan ini demi kepentingan anak murid saya yang ingin menggapai cita-cita, Sudah 9 tahun saya jadi tenaga honor belum diangkat jadi PNS Bahkan saya sudah 4 kali mengikuti ujian, dan membayar 70 jt namun hailnya nol uang pun tidak kembali bahkan saya sempat putus asah, pada suatu hari sekolah tempat saya mengajar mendapat tamu istimewa dari salah seorang pejabat tinggi dari kantor BKN pusat Jl. Letjen Sutoyo No. 12 Jakarta Timur karena saya sendiri mendapat penghargaan pengawai honorer teladan, disinilah awal perkenalan saya dengan beliau, dan secara kebetulan beliau menitipkan nomor hp pribadinya 0853-1144-2258 atas nama Drs Muh Tauhib SH.MSI beliaulah yang selama ini membantu perjalan karir saya menjadi PEGAWAI NEGERI SIPIL.alhamdulillah berkat bantuan bapak Drs Muh Tauhib SH.MSI SK saya dan 2 teman saya tahun ini sudah keluar, bagi anda yang ingin seperti saya silahkan hubungi bapak Drs Muh Tauhib SH.MSI, siapa tau beliau bisa membantu anda

    BalasHapus