Selamat Datang di Blog Bidang Pendidikan Agama Islam Kantor Wilayah Kementerian Agama Jawa Timur
5 Nilai Budaya Kerja Kementerian Agama: Integritas, Profesionalitas, Inovasi, Tanggung Jawab, dan Keteladanan

Jumat, 10 Oktober 2014

BIDANG PAIS KANWIL KEMENAG PROPINSI JAWA TIMUR ADAKAN
LOMBA APRESIASI GURU PAI BERPRESTASI TAHUN 2014


SIDOARJO, BID PAIS KANWIL KEMENAG JATIM. Bidang Pendidikan Agama Islam Kantor Wilayah Kementerian Agama Propinsi Jawa Timur adakan Apresiasi Guru Pendidikan Agama Islam Berprestasi yang dilaksanakan dalam rangka memberikan penghargaan terhadap kinerja, dedikasi dan loyalitas Guru PAI.
            Mas’ud, S.Ag, M.Pd.I selaku Kepala Bidang PAIS dalam kata sambutan pada Pembukaan Apresiasi Guru PAI Berprestasi di Hotel Utami Sidoarjo menyatakan bahwa Guru PAI yang lolos seleksi portofolio semua pada dasarnya merupakan juara dari setiap kabupaten/kota. Sebagai juara tentunya harus bisa memberikan teladan dan inspirasi bagi guru-guru lain untuk lebih merningkatkan profesionalitasnya, terlebih lagi harus mampu meningkatkan mutu PAI. Meski demikian yang perlu dipahami bahwa penghargaan tersebut bukanlah tujuan akhir, tetapi sebaliknya merupakan langkah awal dalam mencerdaskan generasi bangsa dan memberikan bekal pengetahuan, dan memperbaiki moral dan akhlak mulia. Untuk itu Kepala Bidang PAIS berpesan agar Guru PAI selalu meningkatkan pengetahuan, dan dapat menjadikan teladan bagi anak didik. Sementara menurut Kasi PAI SMA/SMALB & SMK Trianto selaku koordinator Pelaksana kegiatan, bahwa dari para guru berprestasi ini diharapkan akan lahir generasi bangsa yang produktif, kreatif, inovatif, dan afektif sebagaimana tujuan dari Kurikulum 2013.
            Kegiatan Apresiasi ini dilakukan melalui 4 (empat) tahap. Pertama, penilaian terhadap portofolio peserta untuk menentukan nominator. Para nominator inilah yang diundang untuk mengikuti tes tulis, wawancara dan presentasi best practice yaitu pengembangan media pembelajaran berbasis ICT. Dalam kegiatan ini dilibatkan berbagai pihak, antara lain dosen dari perguruan tinggi Islam (UIN Malang dan UIN Sunan Ampel), Widyaiswara Balai Diklat Keagamaan Surabaya, Pengawas PAI dan Guru PAI Berprestasi Nasional, dan Pejabat di lingkungan Bidang PAIS, Bidang Pendidikan Madrasah dan Kantor Kementerian Agama Kabupaten/Kota. Dengan dilibatkannya unsur-unsur tersebut diharapkan penilaian lebih obyektif dan dihasilkan Guru PAI berprestasi yang sesuai dengan harapan.
Penilaian berkas portofolio dilakukan pada tanggal 22 s/d 25 September 2013 oleh Pengawas PAI. Wawancara dilakukan oleh Pejabat di lingkungan Bidang PAIS, Bidang Penma dan Kantor Kemenag Kabupaten/Kota sedangkan presentasi best practice dilakukan oleh widyaiswaara, dosen Perguruan Tinggi Agama Islam dan Guru PAI Berprestasi Nasional. Kegiatan test tulis, wawancara dan presentasi karya tulis dilaksanakan pada tanggal 1 s.d 3 Oktober 2014 di Hotel Utami Sidoarjo.

Peserta kegiatan yang masuk nominator seluruhnya berjumlah 66 orang peserta. Dari 66 orang nomintor tersebut, dilakukan seleksi untuk menghasilkan masing-masing 6 (enam) pemenang dari setiap jenjang yang masing-masing GPAI PAUD & TK, GPAI SD/SDLB, GPAI SMP/SMPLB, GPAI SMA/SMALB, dan GPAI SMK. Para pemenang hasil seleksi ini nantinya akan mewakili dan menjadi duta Bidang PAIS Kanwil Kemenag Propinsi Jawa Timur untuk mengikuti Lomba Apresiasi Guru PAI Berprestasi Tingkat Nasional. Oleh Kang Anto’14

1 komentar:

  1. Assalamu Alaikum wr-wb, perkenalkan nama saya ibu Rosnida zainab asal Kalimantan Timur, saya ingin mempublikasikan KISAH KESUKSESAN saya menjadi seorang PNS. saya ingin berbagi kesuksesan keseluruh pegawai honorer di instansi pemerintahan manapun, saya mengabdikan diri sebagai guru disebuah desa terpencil di daerah surakarta, dan disini daerah tempat mengajar hanya dialiri listrik tenaga surya, saya melakukan ini demi kepentingan anak murid saya yang ingin menggapai cita-cita, Sudah 9 tahun saya jadi tenaga honor belum diangkat jadi PNS Bahkan saya sudah 4 kali mengikuti ujian, dan membayar 70 jt namun hailnya nol uang pun tidak kembali bahkan saya sempat putus asah, pada suatu hari sekolah tempat saya mengajar mendapat tamu istimewa dari salah seorang pejabat tinggi dari kantor BKN pusat Jl. Letjen Sutoyo No. 12 Jakarta Timur karena saya sendiri mendapat penghargaan pengawai honorer teladan, disinilah awal perkenalan saya dengan beliau, dan secara kebetulan beliau menitipkan nomor hp pribadinya 0853-1144-2258 atas nama Drs Muh Tauhib SH.MSI beliaulah yang selama ini membantu perjalan karir saya menjadi PEGAWAI NEGERI SIPIL.alhamdulillah berkat bantuan bapak Drs Muh Tauhib SH.MSI SK saya dan 2 teman saya tahun ini sudah keluar, bagi anda yang ingin seperti saya silahkan hubungi bapak Drs Muh Tauhib SH.MSI, siapa tau beliau bisa membantu anda

    BalasHapus