Selamat Datang di Blog Bidang Pendidikan Agama Islam Kantor Wilayah Kementerian Agama Jawa Timur
5 Nilai Budaya Kerja Kementerian Agama: Integritas, Profesionalitas, Inovasi, Tanggung Jawab, dan Keteladanan

Rabu, 12 Juni 2013

Dibutuhkan Komitmen Pengelola Website

Cikarang (Pinmas) - Pelaksanaan pengelolaan situs web Kementerian Agama di tingkat pusat dan daerah akan berjalan dengan baik bila disertai dengan komitmen pengelolanya. Hal tersebut ditekankan oleh Kepala Bidang TIK Pusat Informasi dan Hubungan Masyarakat Ahmad Gufron ketika menjadi narasumber pada kegiatan Workshop Pengembangan dan Pengelolaan Informasi Elektronika (website) yang diselenggarakan oleh Direktorat Jenderal Pendidikan Islam di Cikarang, Bekasi (11/6).

Untuk meningkatkan kualitas pengelolaan website yang baik, menurut Gufron dibutuhkan penguatanSDM secara simultan untuk mendukung pengelolaan website yang baik dan profesional. “Saat ini, seorang pengelola website harus membagi tugas secara bijak diantara tugas-tugas rutin lain yang juga dikerjakan pengelola website”, ujar Gufron.
Keberadaan website Kemenag, menurut Gufron, merupakan pintu gerbang pelaksanaan reformasi birokrasi, dan merupakan salah satu pilar pertama dalam pelaksanaan e-Goverment. Dalam daftar peringkat website Kementerian/Lembaga, Kementerian Agama berada diperingkat tiga paling bawah.
Gufron menambahkan, bisnis utama (core busnees) Kementerian Agama adalah pelayanan masyarakat. Untuk itu sifat website Kemenag harus bersifat dinamis dan interaktif dengan masyarakat.
Terkait materi dan aspek fundamental website, persoalan isi web menjadi catatan tersendiri bagi pengelola website. Menurut Gufron, aspek utama yang perlu ditingkatkan dari kualitas website Kemenag adalah isi (content).
“Isi (content) website harus informatif, aktual, dan dibutuhkan masyarakat”, ujar Gufron menekankan.
Selain itu, lanjut Gufron, aspek penting lain yang harus diperhatikan adalah keamanan (secure) website dan suplai listrik yang cukup.
Dalam pengembangan dan pengelolaan website, dibutuhkan komitmen yang tinggi, tidak hanya pengelolanya tapi juga pimpinan unit kerja masing-masing. Gufron menjelaskan bahwa selain persoalan anggaran yang menjadi kendala pengelolaan website, komitmen pimpinan juga sangat berpengaruh bagi peningkatan kualitas pengembangan dan pengelolaan website.
“Kini sudah eranya ketika ICT menjadi kebutuhan masyarakat luas, sehingga kita harus bisa menempatkan secara tepat pada kondisi itu,” terang Gufron.
Dalam kesempatan yang sama, narasumber lainnya, Edi Supriatna (wartawan senior LKBN Antara) menyampaikan bahwa sebuah informasi sangat penting ketika disampaikan ke publik. “Pers berkewajiban memenuhi keingintahuan publik”, ujar Edi yang menyampaikan materi tentang teknik menulis berita yang efektif dan efisien.
Menurut Edi yang sudah 30 tahun menjadi jurnalis, seorang pengelola website harus mampu menyajikan berita yang aktual, realtime, dan cepat. (dm)
www.kemenag.go.id

2 komentar:

  1. Dibutuhkan Komitmen Pengelola Website ????
    di Blog ini,, Komentar saja tidak pernah ditanggapi

    BalasHapus
  2. Assalamu Alaikum wr-wb, perkenalkan nama saya ibu Rosnida zainab asal Kalimantan Timur, saya ingin mempublikasikan KISAH KESUKSESAN saya menjadi seorang PNS. saya ingin berbagi kesuksesan keseluruh pegawai honorer di instansi pemerintahan manapun, saya mengabdikan diri sebagai guru disebuah desa terpencil di daerah surakarta, dan disini daerah tempat mengajar hanya dialiri listrik tenaga surya, saya melakukan ini demi kepentingan anak murid saya yang ingin menggapai cita-cita, Sudah 9 tahun saya jadi tenaga honor belum diangkat jadi PNS Bahkan saya sudah 4 kali mengikuti ujian, dan membayar 70 jt namun hailnya nol uang pun tidak kembali bahkan saya sempat putus asah, pada suatu hari sekolah tempat saya mengajar mendapat tamu istimewa dari salah seorang pejabat tinggi dari kantor BKN pusat Jl. Letjen Sutoyo No. 12 Jakarta Timur karena saya sendiri mendapat penghargaan pengawai honorer teladan, disinilah awal perkenalan saya dengan beliau, dan secara kebetulan beliau menitipkan nomor hp pribadinya 0853-1144-2258 atas nama Drs Muh Tauhib SH.MSI beliaulah yang selama ini membantu perjalan karir saya menjadi PEGAWAI NEGERI SIPIL.alhamdulillah berkat bantuan bapak Drs Muh Tauhib SH.MSI SK saya dan 2 teman saya tahun ini sudah keluar, bagi anda yang ingin seperti saya silahkan hubungi bapak Drs Muh Tauhib SH.MSI, siapa tau beliau bisa membantu anda

    BalasHapus